Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Puan Maharani Kembali Jabat Ketua DPR RI Periode 2024-2029, Didampingi Empat Wakil



Jakarta, JPO-Puan Maharani, Ketua DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), kembali terpilih sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI untuk periode 2024-2029. Penetapan Puan sebagai Ketua DPR diumumkan dalam Rapat Paripurna yang digelar pada Selasa (1/10/2024), dipimpin oleh Guntur Sasono, Pimpinan Sementara DPR RI.

Susunan Pimpinan DPR RI Periode 2024-2029: Ketua DPR RI: Puan Maharani (PDI-P), Wakil Ketua DPR RI: Adies Kadir (Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Gerindra), Saan Mustopa (NasDem), Cucun Ahmad Syamsurijal (PKB).

Penetapan Pimpinan DPR ini menjadi momen penting dalam mengawali kerja DPR RI periode baru, yang akan membawa suara rakyat dalam menghadapi berbagai tantangan lima tahun ke depan.


"Pimpinan DPR RI periode ini terdiri dari satu ketua dan empat wakil ketua yang berasal dari partai politik dengan perolehan kursi terbanyak di DPR," ujar Guntur Sasono saat membacakan hasil penetapan tersebut.

Puan Maharani dinilai layak menjabat kembali sebagai Ketua DPR karena PDI-P memperoleh kursi terbanyak di DPR pada Pemilu 2024.

Selain Puan, empat Wakil Ketua DPR juga berasal dari partai politik lain dengan kursi terbanyak kedua hingga kelima. Mereka adalah Adies Kadir dari Fraksi Golkar, Sufmi Dasco Ahmad dari Fraksi Gerindra, Saan Mustopa dari Fraksi NasDem, dan Cucun Ahmad Syamsurijal dari Fraksi PKB.

Dengan formasi ini, Pimpinan DPR diharapkan mampu membawa DPR RI menjalankan tugasnya dalam mewakili rakyat, mengawasi jalannya pemerintahan, serta membuat undang-undang dengan lebih efektif.

Proses penetapan ini berlangsung lancar setelah Guntur Sasono menanyakan persetujuan dari para peserta rapat paripurna.

"Setuju," jawab mereka serempak, menandai kesepakatan penuh terhadap susunan Pimpinan DPR RI periode 2024-2029. (JPO-Red) 
Lamhot Sinaga, Mangihu Sinaga, Sabam Sinaga Anggota DPR RI Masa Tugas 2024-2029.






Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar