Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ketua DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarelly Panen Padi Milik Kelompok Tani Rukun Jaya


Jambipos Online, Jambi-Ketua DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarelly,S.E ikut memanen padi milik Kelompok Tani Rukun Jaya, Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, Kota Jambi, Selasa (15/10/2024). Kegiatan ini juga sekaligus pemberian bantuan program pemerintah benih padi bersama Pj Walikota Jambi Sri Purwaningsih.

Ketua DPRD Kota Jambi Kemas Faried Alfarely usai panen mengapresiasi upaya pemerintah kota dalam menekan inflasi, dan menjaga kestabilan pangan.

“Kami sebagai legulator, baik tugas kami sebagai legislasi, penganggaran dan pengawasan mensuport kegiatan ini dalam rangka me jaga ketahanan pangan. Kita juga mendukung optimalisasi lahan sebagai mana perda inisiatif tentang ketahanan pangan,” ungkapnya.

Baca: Galeri Foto Pelantikan 45 Anggota DPRD Kota Jambi Periode 2024-2029

Sementara itu Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Evridal Asri, melaporkan bahwa lahan pertanian di Kota Jambi saat ini mencapai 527 hektar, meningkat dari tahun sebelumnya. Lahan-lahan ini tersebar di beberapa kecamatan, termasuk Pelayangan, Danau Teluk, Telanaipura, dan Jambi Timur. Ia juga menyebutkan bahwa di Kelurahan Tanjung Sari terdapat 103 hektar lahan padi yang sedang dipanen secara bertahap.

Meskipun hasil panen sedikit menurun akibat musim kemarau, pemerintah telah memberikan berbagai bantuan kepada para petani, termasuk bibit padi unggul, pupuk, dan pompa air dari Kementerian Pertanian.
Pada acara panen tersebut, juga dilakukan penyerahan hadiah untuk lomba Kelompok Wanita Tani berprestasi 2023 tingkat Kota Jambi dan bantuan sarana prasarana pertanian tahun 2024 oleh Pj Wali Kota Jambi dan Ketua DPRD kepada masyarakat.

Sementara Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi, Sri Purwaningsih, melakukan kegiatan panen padi bersama Kelompok Tani Rukun Jaya di Kelurahan Tanjung Sari, Kecamatan Jambi Timur, pada Selasa pagi 15 Oktober 2024.

Acara ini dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Jambi, Kemas Faried Alfarelly, sejumlah perwakilan Forkopimda, Sekda Kota Jambi A Ridwan, serta pejabat lainnya, termasuk Ketua TP PKK Kota Jambi Sri Hartati Ridwan, Kepala Perangkat Daerah, dan berbagai unsur lainnya dari Kecamatan Jambi Timur, seperti Camat, Lurah, Ketua Forum RT, dan Kelompok Wanita Tani.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Sri Purwaningsih mengapresiasi kegiatan panen ini sebagai hasil kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam upaya menekan inflasi.

” Kota Jambi berhasil menurunkan inflasi sebesar 1,65 persen pada September 2024, yang lebih rendah dari angka provinsi dan nasional,” katanya.

Sri juga menyoroti optimalisasi lahan tidur untuk pertanian di Kota Jambi, yang terbatas dalam hal ruang, namun dikelola dengan baik untuk menjaga stabilitas ekonomi dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Rapat rutin yang terus dilakukan oleh Tim Pengendalian Inflasi dan anggaran terpadu untuk inflasi Kota Jambi serta sidak yang dilakukan secara kontinyu adalah wujud nyata kepedulian dan kolaborasi dalam menstabilkan harga, terutama terkait dengan penyumbang inflasi komoditas,” sebutnya.

Selain itu, Sri menyebut program “Gerakan Ayo Menanam” sebagai langkah strategis untuk meningkatkan produksi pangan seperti cabai, bawang merah, dan padi, yang diharapkan dapat diikuti oleh masyarakat dengan memanfaatkan lahan yang tersedia, termasuk penggunaan polybag.

Dalam kesempatan tersebut, Sri juga mengucapkan terima kasih atas terlaksananya panen bersama dan berharap kegiatan ini dapat memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. (JPO-Red)  







Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar