Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Anggota Komisi XII DPR RI Dr H Syarif Fasha Berencana Melegalkan PETI dan Pengeboran Minyak Rakyat

Dr H Syarif Fasha SE ME saat acara Tasyakuran di rumah pribadinya di Jalan Letjen Suprapto No 7B, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (26/10/2024). (Foto: AsenkLeeSaragih)

Jambipos Online, Jambi-Anggota Komisi XII DPR RI Fraksi NasDem Dapil Provinsi Jambi Dr H Syarif Fasha SE ME mengatakan, persoalan pertambangan emas tanpa ijin (PETI) dan tambang minyak rakyat (ilegal mining-red) kini masih menjadi persoalan serius di Provinsi Jambi. Dirinya selaku anggota dewan yang mengawasi Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) akan membahas PETI dan tambang minyak milik rakyat untuk legal tanpa melanggar undang-undang di atasnya.

Hal itu diungkapkan Dr H Syarif Fasha SE ME saat acara Tasyakuran (kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok untuk memanjatkan rasa syukur atau terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena mendapatkan nikmat atau keberkahan hidup) di rumah pribadinya di Jalan Letjen Suprapto No 7B, Telanaipura, Kota Jambi, Sabtu (26/10/2024).

Setelah resmi dilantik menjadi Anggota DPR RI Fraksi NasDem Dapil Provinsi Jambi Masa Tugas 2024-2029 di Gedung DPR RI Jakarta 1 Oktober 2024 lalu, Dr H Syarif Fasha SE ME duduk di Komisi XII yang mengawasi kementerian ESDM, investasi dan lainnya.


Menurut Syarif Fasha, selain PETI dan Ilegal Mining, Pemprov Jambi juga telah menyediakan 30 orang petugas Inspektur Tambang yang bertugas melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap sekitar 160 izin usaha pertambangan umum dan mineral dan batubara (minerba) yang tersebar di seluruh daerah kabupaten se Provinsi Jambi. Namun hal itu tak maksimal dalam mengatasi pertambangan di Jambi.

Disebutkan, dalam melaksanakan aspek pengawasan, dituntut mencakup lima aspek untuk mewujudkan good mining practice, antara lain keselamatan dan kesehatan kerja pertambangan (K3 Pertambangan), Keselamatan Operasi Pertambangan (KO Pertambangan). 

Juga pengelolaan dan pemantauan lingkungan pertambangan, termasuk reklamasi dan paska tambang. Upaya konservasi sumberdaya mineral dan batubara, serta pengelolaan sisa tambang dari suatu kegiatan usaha pertambangan, baik itu cair, padat, gas sampai memenuhi baku mutu lingkungan.

Sementara Pemerhati Provinsi Jambi Nasroel Yasir yang hadir pada kesempatan itu kepada Penulis mengatakan, apa yang diwacanakan Syarif fasha harus didukung, terlebih dalam membenahi pertambangan di Provinsi Jambi.

Disebutkan, pengelolaan sisa tambang dari suatu kegiatan usaha pertambangan, baik itu cair, padat, gas harus diawasi hingga memenuhi baku mutu lingkungan. Jangan sampai bekas lahan tambang jadi merusak lingkungan. 

Nasroel Yasir berharap, H Syarif Fasha yang duduk di Komisi XII DPR RI, bisa membenahi tata kelola pertambangan di wilayah Provinsi Jambi. Sehingga pertambangan jangan sampai menyengsarakan rakyat. 

Pada acara ini Dr H Syarif Fasha SE ME  menyantuni ratusan anak yatim yang diundang. Tampak ratusan anak yatim hadir dan memberikan ucapan selamat kepada Dr  H Syarif Fasha SE ME. 

Istri H Syaris Fasha, Yuliana Fasha turut mendampingi serta membagikan bingkisan kepada para anak yatim. Sementara ratusan undangan silih berganti menghadiri acara Tasyakuran dan Silaturahmi tersebut. 

Undangan yang hadir dari kalangan ASN, Lurah, Ketua RT, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Ormas, Tokoh Pemuda dan warga sekitar lainnya. 

Dr H Syarif Fasha SE ME yang juga mantan Walikota Jambi periode 2013-2023 dilantik sebagai anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi dari Partai Nasional Demokrat (NasDem). DR H Syarif Fasha SE ME menjadi 1 dari 8 Anggota DPR RI Dapil Jambi yang terpilih saat Pileg 14 Februari 2024 lalu.

Kinerjanya yang cukup apik dan mumpuni saat memimpin Kota Jambi selama dua periode kesohor ke seantero Provinsi Jambi, sehingga masyarakat tidak ragu untuk memilih pria bernama lengkap Dr H Syarif Fasha SE, ME.

Warga berpendapat, inilah kesempatan besar bagi Dr H Syarif Fasha SE ME untuk menyumbangkan tenaga dan pikirannya bagi pembangunan Provinsi Jambi kedepan. Senayan menjadi panggung baru bagi Dr H Syarif Fasha SE ME memperlihatkan kepiawainnya dalam memperjuangkan program-program dan anggaran di pusat untuk dibawa ke Provinsi Jambi, tentu dengan berkolaborasi dengan semua anggota DPR RI Dapil Jambi.

Jika menelisik keberhasilan DR H Syarif Fasha SE ME memimpin Kota Jambi selama 10 tahun, warga Jambi optimis, Fasha akan mampu berbuat lebih untuk Provinsi Jambi. (JPO-AsenkLeeSaragih)


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar