Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Pelantikan 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi Masa Jabatan 2024-2029, Ketua Dewan Sementara Muhammad Hafiz Fattah

Ketua DPRD Provinsi Jambi sementara Muhammad Hafiz Fattah, saat memberikan keterangan kepada wartawan usai dilantik di Gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (9/9/2024). (Foto: AsenkLeeSaragih)

Jambipos Online, Jambi-Pelantikan 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi masa jabatan 2024-2029 dilaksanakan di gedung DPRD Provinsi Jambi, Senin (9/9/2024). Pelantikan ini dihadiri Gubernur Jambi, Al Haris, serta para Bupati, Walikota, tokoh masyarakat, dan keluarga dari anggota DPRD Provinsi Jambi yang baru dilantik. 

Usai pelantikan, Muhammad Hafiz Fattah kepada wartawan mengatakan, pembentukan alat kelengkapan dewan akan segera dijalankan. Juga berharap kepada seluruh partai yang memiliki kursi perwakilan di DPRD Provinsi Jambi agar segera mengirimkan nama-nama untuk ketua fraksi partai di DPRD Provinsi Jambi.

Prosesi pelantikan 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi masa jabatan 2024-2029 dipimpim oleh Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto. Prosesi dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Jambi ini yakni 1.Pembukaan oleh Protokol, 2.Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, 3.Pembukaan Rapat Paripurna oleh Pimpinan DPRD Provinsi Jambi, 4.Pembacaan SK Mendagri oleh Sekwan DPRD Provinsi Jambi.

Selanjunya 5.Pengucapan Sumpah dan Janji  Anggota DPRD Provinsi jambi masa jabatan 2024-2029, 6.Penandatanganan Berita Acara Sumpah-Janji Anggota, 7.Pengumuman Pimpinan DPRD Provinsi Jambi sementara oleh Sekwan DPRD, 8. Penyerahan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi dari Pimpinan Periode sebelumnya kepada pimpinan sementara secara simbolis dengan penyerahan palu pimpinan.

Kemudian 9.Sambutan Pimpinan Sementara, 10.Sambutan Menteri Dalam Negeri yang dibacakan oleh Gubernur Jambi, 11. Pembacaan Doa, 12. Penutupan Rapat oleh Pimpinan dewa sementara, 13.Penyampaian ucapan selamat. 

Tampak keluarga dan undangan dari 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi memenuhi areal komplek DPRD Provinsi Jambi dan lapangan kantor gubernur Jambi sebagai tem[at parkir kenderaan mobil. 

Pihak keluarga silih berganti memasuki gedung paripurna dewan untuk foto bersama dengan masing-masing Anggota dewan yang dilantik. Setelah dari gedung paripurna, keluarga dan undangan menikmati makan siang di luar gedung sembari mendengar hiburan musik band.

Rocky Candra, mantan Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2029 Fraksi Gerinda turut menyumbangkan lagu sebagai perpisahan karena dirinya akan dilantik Oktober 2024 sebagai Anggota DPR RI Dapil Provinsi Jambi Fraksi Gerindra.  

Suasana gedung Paripurna DPRD Provinsi Jambi usai pelantikan, Senin (9/9/2024).

Berikut 55 Anggota DPRD Provinsi Jambi periode 2024-2029 yang baru dilantik:

Dapil Jambi 1 Kota Jambi

1. Zulkifli Linus (PAN)
2. Putra Absor Hasibuan (Partai Gerindra)
3. Riana Doris Sembiring (Partai Golkar)
4. Maya Fitriah Siregar (Partai NasDem)
5. Heru Kustanto (PKS)
6. Muhammad Nasir (PKB)
7. Daulat Sitorus (PDI Perjuangan)
8. Yuli Yuliarti (Partai Demokrat)
9. Ibnu Sina (PPP)
10. Rusli Kamal Siregar (PAN)

Dapil Jambi 2 Batanghari – Muarojambi

1. M. Hafiz (PAN)
2. Akmaluddin (PDI Perjuangan)
3. Ivan Wirata (Partai Golkar)
4. M. Mahdan (PPP)
5. Abunyani (Partai Gerindra)
6. Erpan (PKB)
7. Burhanudin Mahir (Partai Demokrat)
8. Sapuan Ansori (Partai NasDem)
9. Ririn Novianty (PAN)
10. RD. Fauzi (PKS)

Dapil Jambi 3 Sarolangun-Merangin

1. Syafaruddin (PPP)
2. Samsul Riduan (PDI Perjuangan)
3. Fauzi Ansori (Partai Demokrat)
4. Al Kausari (PAN)
5. A. Sarwani (Partai Gerindra)
6. Pinto Jayanegara (Partai Golkar)
7. Juwanda (PKB)
8. Hapis Hasbiallah (PKS)
9. Izhar Majid (Partai NasDem)
10. M.Chandra Muzaffar Al Ghiffari (PPP)

Dapil Jambi 4 Kerinci-Sungaipenuh

1. Afuan Yuza Putra (PAN)
2. Rucita Arfiansa (PDI Perjuangan)
3. Edminuddin (Partai Gerindra)
4. Arwiyanto (PKB)
5. Darmaiyansah (Partai Demokrat)
6. Amrizal (Partai Golkar)

Dapil Jambi 5 Bungo-Tebo

1. Sukandar (Partai Golkar)
2. KH. Rifa’i (Partai Demokrat)
3. Suwarno (PDI Perjuangan)
4. Hambali (Gerindra)
5. Ansori (PAN)
6. Eka Madjid Muaz (PKB)
7. Yahya (PPP)
8. Mustaharudin (PKS)
9. Umaima Kamila (Partai NasDem)
10. Mazlan (Partai Golkar)

Dapil Jambi 6 Tanjab Barat-Tanjab Timur

1. Bima Audia Pratama (PAN)
2. Ahmad Jahfar (Partai Golkar)
3. Faizal Riza (Partai Gerindra)
4. Zuldi Ikrom (PDI Perjuangan)
5. M. Adib Mubarak (PAN)
6. H. Abdul Hamid (PKB)
7. Yudi Hariyanto (Partai NasDem)
8. Arpin Siregar (PAN)
9. Mohd. Rendra Ramadhan Usman (PKS).

Penyerahan Pimpinan DPRD Provinsi Jambi dari Pimpinan Periode sebelumnya kepada pimpinan sementara secara simbolis dengan penyerahan palu pimpinan.


Muhammad Hafiz Fattah Calon Ketua Dewan 

Muhammad Hafiz Fattah merupakan calon ketua dewan yang diusulkan PAN selaku partai pemenang Pemilu 2024 di Provinsi Jambi. Muhammad Hafiz Fattah lahir di Palembang pada 30 Mei 1991. 

Pada usia 33 tahun, Hafiz berhasil mencapai puncak karier politiknya dengan menahkodai Parlemen Provinsi Jambi. Masa kecil Hafiz dihabiskan di Kabupaten Batanghari, salah satu kabupaten di Provinsi Jambi.

Sejak kecil, Hafiz telah menunjukkan karakter yang kuat dan penuh kedisiplinan. Seperti anak-anak seusianya, Hafiz kecil menjalani keseharian dengan bersekolah di pagi hari, bermain sepak bola di sore hari, dan mengaji di masjid pada malam hari.

Budaya dan tradisi yang tertanam sejak kecil ini terus membentuk kepribadian Hafiz hingga dewasa, menjadikannya sosok yang rendah hati, kuat, dan dekat dengan masyarakat. 

Hafiz merupakan putra dari Abdul Fattah, tokoh karismatik yang pernah menjabat sebagai Bupati Batanghari dan sangat dicintai oleh masyarakat. Sebagai putra dari tokoh besar, Hafiz merasa memiliki tanggung jawab besar untuk menjaga nama baik keluarga dan melanjutkan legacy ayahnya.

Pendidikan dan Karier Organisasi

Sejak dini, Hafiz ditempa untuk menjadi pemimpin yang tangguh. Ia dikirim ke Pulau Jawa untuk menempuh pendidikan. Bakat kepemimpinan dalam dirinya tampak jelas ketika ia mulai aktif dalam organisasi, baik di internal maupun eksternal kampus. 

Hafiz terlibat dalam Senat Mahasiswa dan bersama rekan-rekannya mendirikan Forum Komunikasi Mahasiswa Jambi-Jakarta (FKMJ), sebuah organisasi primordial di Jakarta yang bertujuan mempererat tali silaturahmi mahasiswa asal Jambi.

Keaktifan Hafiz dalam berorganisasi tidak berhenti di sana. Ia juga dipercaya menjadi Sekretaris KNPI Provinsi Jambi, serta terpilih sebagai Ketua Hiswana Migas Provinsi Jambi. Hafiz juga aktif dalam berbagai komunitas yang ada di Jambi, memperkuat jalinan hubungan dengan berbagai elemen masyarakat.

Perjalanan Politik

Perjalanan panjang Hafiz di dunia organisasi akhirnya membawanya ke dunia politik. Ia bergabung dengan Partai Amanat Nasional (PAN) dan dipercaya menjadi Ketua PAN Batanghari. 

Pada Pemilu 2024, Hafiz berhasil meraih suara terbanyak di Dapil Muarojambi-Batanghari, yang menjadi titik penting dalam karier politiknya. Kini, ia memulai babak baru dalam kepemimpinannya sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi.

Muhammad Hafiz Fattah adalah suami dari Anita Yasmin, yang juga memiliki jejak karier politik yang cemerlang sebagai Ketua DPRD Batanghari periode 2019-2024. Pasangan ini dikenal sebagai salah satu pasangan paling berpengaruh di Provinsi Jambi, dengan dedikasi kuat terhadap pelayanan publik dan kesejahteraan masyarakat.

Kepemimpinan Muhammad Hafiz Fattah sebagai calon Ketua DPRD Provinsi Jambi tidak hanya mencerminkan hasil dari kerja keras dan dedikasi, tetapi juga keberlanjutan dari warisan kepemimpinan yang telah ditanamkan oleh ayahnya, Abdul Fattah. 

Hafiz kini berada diposisi yang strategis untuk membawa perubahan positif bagi masyarakat Jambi, dengan semangat muda yang inovatif dan visi yang jelas untuk masa depan provinsi ini.

Kepemimpinan Muhammad Hafiz Fattah sebagai Ketua DPRD Provinsi Jambi diharapkan amanah dan berintegritas dan anti korupsi. Juga diingatkan agar jangan terjebak dalam politik kotor dan korupsi berjamaah seperti puluhan pendahulunya di DPRD Provinsi Jambi seperti Cornelis Buston, Efendi Hatta, Hj Rahima, Syahbandar dan puluhan oknum dewan lainya Periode 2014-2019. (AsenkLeeSaragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar