Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Romi Haryanto-Saniatul Lativa Bisa Maju di Pilkada Gubernur Jambi 27 November 2024

Rekomendasi dukungan ini diserahkan oleh pengurus DPP NasDem, yaitu Fauzi H Amro, Willy Aditya, dan Jakfar Sidik, pada Sabtu (24/8/2024). (IST)

Jambipos Online, Jambi-Pilkada Gubernur Jambi 27 November 2024 mendatang ternyata tidak melawan kotak kosong. Proses pengkebirian demokrasi oleh parpol yang memiliki kursi di gedung dewan di Provinsi Jambi ternyata tak berjalan mulus. Koalisi partai gemuk pengusung Al Haris-Sani teryata tidak bisa menghentikan langkah Romi Haryanto-Saniatul Lativa di Pilkada Gubernur Jambi 2024. 

Pasalnya bakal calon gubernur dan wakil gubernur Jambi pasangan Romi Hariyanto-Saniatul Lativa sudah memastikan tiket untuk maju di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2024. Hal itu setelah adanya surat rekomendasi Partai NasDem, PSI, PKN, Gelora.

Itu setelah keduanya mengantongi dukungan Partai Solidaritas Indonesia (PSI) dan secara resmi juga menerima dukungan partai NasDem, Partai Kebangkitan Nusantara (PKN) serta Partai Gelora Indonesia, Sabtu (24/8/2024) kemarin.

Berdasarkan surat KPU Provinsi Jambi nomor 008/PL.02.2-Pu/15/2.1/2024 tentang pendaftaran pengumuman pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jambi tahun 2024, Romi Hariyanto-Saniatul Lativa sudah memenuhi syarat minimal dukungan.

Sebeb keduanya sudah memenuhi dukungan partai politik atau gabungan partai politik yang memiliki paling sedikit 8,5 persendari jumlah suara sah pada pemilu 2024 di Provinsi Jambi sebesar 172.005 suara sesuai putusan Mahkamah Konstitusi (MK). 

Jika dihitung, dukungan Romi hariyanto-Saniatul Lativa saat ini sudah mencapai 206.487 suara dan melampaui syarat terendah 8,5 persen suara sah.

Jumlah perolehan suara itu diperoleh dari NasDem sebanyak 148.835 suara, PSI sebanyak 23.065 suara  dan PKN sebanyak 19.948 suara dan partai Gelora 14.639 suara

Parpol Pengusung Al Haris -Abdullah Sani

Sementara kandidat petahana Al Haris-Abdullah Sani mendapatkan 7 rekomendasi dukungan partai politik. Keduanya maju dengan koalisi gemuk yakni melalui dukungan PAN, PKB, PKS, PDIP, Gerindra, Demokrat dan PPP. 

Meski begitu, lewat dukungan empat partai ini, Romi Hariyanto-Saniatul Lativa sudah dipastikan bertarung head to head dengan petahana Al Haris-Abdullah.

Sebab keduanya sama-sama sudah memenuhi syarat untuk mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi pada 27-29 Agustus mendatang.

Partai NasDem secara resmi memberikan dukungan kepada pasangan Romi Hariyanto dan Saniatul Lativa untuk maju dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jambi 2024.

Rekomendasi dukungan ini diserahkan oleh pengurus DPP NasDem, yaitu Fauzi H Amro, Willy Aditya, dan Jakfar Sidik, pada Sabtu (24/8/2024).

Dukungan dari NasDem ini memperkuat posisi Romi Hariyanto dan Saniatul Lativa sebagai calon yang akan menantang petahana, Al Haris dan Abdullah Sani, dalam Pilgub Jambi 2024. Dengan hampir dipastikannya dukungan ini, Pilgub Jambi diprediksi akan menjadi pertarungan antara dua pasangan ini. 

Ketua DPW NasDem Provinsi Jambi, Sy Fasha, menegaskan bahwa pihaknya siap mengikuti arahan dan keputusan dari DPP NasDem.

"DPW dan DPD NasDem di Provinsi Jambi akan tegak lurus mengamankan keputusan DPP untuk mendukung Romi-Saniatul," ungkap Fasha pada Minggu (25/8/2024).

Namun, terkait strategi pemenangan Romi-Saniatul, Sy Fasha, yang juga merupakan mantan Wali Kota Jambi, menyatakan bahwa saat ini NasDem masih fokus pada Kongres Partai NasDem yang akan berlangsung hingga 27 Agustus 2024 mendatang.

"Untuk langkah ke depan dalam memenangkan Romi-Saniatul, kami belum ada rencana khusus karena masih fokus pada Kongres Partai NasDem di Jakarta," katanya.

Sebelumnya isu akan adanya kotak kosong di Pilgub Jambi, terjawab sudah. Likaliku Romi Haryanto guna memperoleh dukungan parpol begitu sulit. Sifat pasrah yang tadinya muncul bagi Romi, akhirnya ada dibenamkannya karena bisa berlajar di Pilgub Jambi 27 November 2024. (J24-Berbagaisumber/Aslee)
Romi Haryanto "Diulosi".




Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar