Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ketua PWI Provinsi Jambi Kritik Kinerja Penjabat Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, Sampah dan Jalan Rusak Jadi Sorotan

Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati saat ditemui Jurnalis Jambipos Online diruang kerjanya di Sekretariat PWI Provinsi Jambi Jalan Jakarta Ujung, Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu (10/8/2025). (Foto: AsenkLeeSaragih)

Jambipos Online, Jambi-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati mengkritisi kinerja kepemimpinan Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih, sejak dilantik 7 November 2023 lalu. Hingga jelang setahun kepemimpinan Sri Purwaningsih, persoalan sampah, jalan rusak, air bersih, sulitnya anak masuk sekolah jadi sorotan.
 
Selama kepemimpinan Sri Purwaningsih sebagai Pj Wali Kota Jambi, masih banyak berkutat pada kegiatan seremonial yang kurang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat Kota Jambi. 

Kritik Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati itu disampaikan kepada Jurnalis Jambipos Online saat dijumpai diruang kerjanya di Sekretariat PWI Provinsi Jambi Jalan Jakarta Ujung, Kotabaru, Kota Jambi, Sabtu (10/8/2025).

"Sejak dilantik sebagai penjabat wali kota Jambi, dia belum menunjukkan kinerja yang bagus untuk masyarakat Kota Jambi. Kegiatannya masih lebih banyak pada kegiatan-kegiatan seremonial belaka. Coba turun langsung meninjau jalan rusak, tumpukan sampah di pinggir jalan dan tersendatnya saluran air bersih dari Perumda Tirta Mayang Kota Jambi. Ini yang harus diperhatikan serius,"ujar Ridwan Agus. 

Ridwan Agus juga banyak mendapat keluhan masyarakat Kota Jambi soal kondisi jalan dalam kota yang banyak rusak. Seperti kerusakan parah pada Jalan Pattimura di kawasan Simpang Rimbo Kota Jambi menimbulkan keluhan masyarakat, karena menyebabkan kemacetan dan kecelakaan.

Misalnmya lobang dalam dan genangan air di depan United Tractors menjadi sorotan, sementara U-Turn dekat SPBU Rimpang Rimbo semakin memperparah situasi dengan pengendara melawan arus.

"Sebab sering pengendara dari lorong Pattimura langsung melawan arah menuju SPBU Simpang Rimbo, begitu juga sebaliknya. Ramai pengendara melintas melawan arah. Ini kan riskan dan dapat menyebabkan kecelakaan. Ini harus menjadi perhatian Pemerintah Kota Jambi,"ujar Ridwan Agus.

Disebutkan, persoalan gudukan sampah di berbagai jalan protokol di Kota Jambi beberapa bulan terakhir masih jadi persoalan. Dundukan sampah tampak seperti di Jalan Aur Duri Kota Jambi, Jalan Pecal Lele Paal V Kotabaru Jambi, Jalan Linkar Selatan Kota Jambi dan jalan protokol lainnya.

"Masalah sampah ini kan manejadi persoalan serius. Pj Wali kota harus mengintruksikan bawahan untuk menanganinya dengan solusi yang baik. Persoalan sampah ini juga menjadi program prioritas yang harus diambil solusinya,"terang Ridwan Agus.
Penjabat (Pj) Wali Kota Jambi Sri Purwaningsih didampingi Sekda Pemkot Jambi A Ridwan (kiri) saat memberikan keterangan kepada wartawan usai melaksakan upacara HUT Pemerintahan Kota Jambi Ke 78 di lapangan Kantor Wali Kota Jambi Graha Siginjai, Jumat (17/5/2024). (Foto: Asenk Lee Saragih)

Selain persoalan diatas, Ridwan Agus juga menyoroti kepemimpinan Pj Wali Kota Jambi yang terkesan hanya menerima laporan diatas meja tanpa mau turun kelapangan melihat kondisi yang sebenarnya. 

Dia meminta Pj Wali Kota Jambi untuk lebih serius dalam menjalankan amanah kepemimpinan yang dapat dirasakan oleh masyarakat Kota Jambi.

"Misalnya soal penerimaan peserta didik baru di SMPN di Kota Jambi, jadi sorotan publik, karena ada indikasi pungli bagi orang tua. Tentunya hal ini dapat dicegah, jika Pj Wali Kota Jambi bisa meninjau langsung sekolah-sekolah yang bermasalah saal PPDB," kata Ridwan Agus.   

Bukan untuk membandingkan, Ridwan Agus memuji kinerja Syarif Fasha selama 10 tahun memimpin Wali Kota Jambi, tampak wajah Kota Jambi menuju kemajuan yang signifikan. Misalnya lahan kantor wali kota jadi milik Pemerintah Kota Jambi dan bangunan Kantor Wali Kota Jambi yang kini elegan dan megah. 

Sebelumnya Sri Purwaningsih Pj Wali Kota Jambi dilantik jadi Pj Wali Kota Jambi oleh Gubernur Jambi Al Haris atas nama Mendagri di Rumah Dinas Gubernur Jambi pada Selasa (7/11/2023). Usai dilantik, penjabat Wali Kota Jambi itu diarak menuju Griya Mayang, Rumah Dinas Wali Kota Jambi.

Sebelum menjabat Pj Wali Kota Jambi, Sri menjabat sebagai Sekretaris Bangda, dan Sri juga pada 9 Oktober 2023 lalu ditunjuk sebagai Pelaksana Harian (Plh) Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Hukum dan Kesatuan Bangsa. 

Sebelumnya, Sri telah tercatat sebagai Sekretaris Bangda sejak kepemimpinan Dirjen Bangda, Hari Nurcahya Murni yang pernah menjadi Pj Gubernur Jambi 2021 lalu.

Sebelum jadi orang nomor dua di Dirjen Bangda, Sri menduduki jabatan Direktur Singkronisasi Urusan Pemerintah Daerah IV Ditjen Bina Bangda Kemendagri. (AsenkLeeSaragih)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar