Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Hasil Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024 - Veddriq Leonardo Sabet Medali Emas, Taklukkan Pemanjat China dengan Selisih 0,02 Detik


Atlet panjat tebing, Veddriq Leonardo mengalahkan Wu Peng (China) dengan dramatis selisih 0,02 detik pada final nomor speed putra Olimpiade Paris 2024 di La Bourget, Saint-Denis, Prancis, Kamis (8/8/2024). © FABRICE COFFRINI/AFP

JPO-Atlet panjat tebing Indonesia, Veddriq Leonardo, sukses menyabet medali emas Olimpiade Paris 2024 nomor speed putra setelah menumbangkan pemanjat ranking dua dunia asal China, Wu Peng.

Medali emas akhirnya berhasil dipersembahkan Veddriq Leonardo setelah berjuang habis-habisan dalam babak putaran final nomor speed putra Olimpiade Paris 2024.

Mengutip dari BOLASPORT.COM, bertanding di La Bourget, Prancis, Kamis (8/8/2024), Juara 3 kali World Cup itu sukses menumbangkan lawan-lawannya sejak perempat final sampai laga puncak dengan performa brilian.

Catatan waktu pemanjat 27 tahun tersebut selalu membaik dari babak perempat final sampai final.

Hingga akhirnya Veddriq mampu membukukan kemenangan dramatis dengan catatan waktu 4,75 detik, hanya berselisih 0,02 detik dari Wu Peng, yang harus puas dengan medali perak setelah membukukan 4,77 detik.

Putaran final dibuka dengan bergulirnya babak perempat final yang dilakoni dua pemanjat muda, Sam Watson (Amerika Serikat) melawan David Julian (Selandia Baru).

Watson yang baru berusia 18 tahun tampil cekatan. Pemegang rekor dunia dan rekor Olimpiade 4,74 detik itu sukses membukukan 5,03 detik.

Sedangkan Julian sempat tersendat di jelang garis finis dekat pad sensor waktu, meraih 5,65 detik. Pada perempat final kedua, pemanjat ranking dua dunia nomor speed, Wu Peng (China) memenangi babak ini dengan sangat dramatis.

Dia membukukan 4,995 detik, hanya berselisih 0,002 detik atas Matteo Zurloni (Italia). Wu Peng akan menantang Sam Watson di semifinal.

Giliran wakil Indonesia Veddriq Leonardo yang tampil mengawali babak perempat finalnya. Veddriq melawan wakil tuan rumah Bassa Mawem.

Di tengah riuh sorak sorai publik lawan yang berderu, Veddriq melawan dan berjuang bak laba-laba di Lane A dengan catatan waktu 4,88 detik. Catatan waktu tersebut sekaligus menyingkirkan Mawem yang membukukan 5,26 detik.

Spot perempat final terakhir mempertemukan Amir Maimuratov (Kazakhstan) melawan Reza Alipour (Iran).

Maimuratov sempat terpeleset di pertengahan Lane, dia gagal menyusul Reza Alipour yang sempat tersendat tapi tetap berhasil finis dengan membukukan 5,57 detik.

Alipour akan jadi lawan Veddriq di semifinal. Memasuki babak semifinal, Watson yang melawan Wu Peng sebenarnya start dengan kuat.

Tetapi di pertangahan lane, dia terkejar Wu yang bak mesin diesel hingga mengalahkan Watson dengan 4,85 detik. 

Adapun Veddriq yang tampil melawan Reza Ali Pour, berhasil tampil lebih menawan dengan 4,78 detik. Mengalahkan Ali Pour yang sejatinya juga tampil cepat dengan 4,84 detik.

Veddriq sukses melaju ke final untuk menantang Wu Peng. Sedangkan Ali Pour akan berjuang memperebutkan medali perunggu melawan Sam Watson. Setelah jeda sejenak, laga perebutan medali dimulai.


HASIL PANJAT TEBING OLIMPIADE PARIS 2024:

Nomor Speed Putra, Kamis (8/8/2024)

Babak Perempat Final
Sam Watson (Amerika Serikat): 5,03 detikDavid Julian (Selandia Baru): 5,65 detik

Matteo Zurloni (Italia): 4,997 detik

Wu Peng (China): 4,995 detik

Veddriq Leonardo: 4,88 detik

Bassa Mawem (Prancis): 5,26 detik

Amir Maimuratov (Kazakhstan): 6,14 detik

Reza Ali Pour (Iran): 5,57 detik

Babak Semifinal
Sam Watson (AS): 4,93 detik

Wu Peng (China): 4,85 detik

Veddriq Leonardo: 4,78 detik

Reza Ali Pour (Iran): 4,84 detik

Perebutan Medali Perunggu
Sam Watson (AS): 4,74 detik

Reza Ali Pour (Iran): 4,88 detik

Babak Final
Veddriq Leonardo: 4,75 detikWu Peng (China): 4,77 detik.

(JPO-Red)


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar