Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Progres Terbaru Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir Tempino Jambi

Progres Terbaru Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir Tempino Jambi, Juni 2024. (IST)

Jambipos Online, Jambi-Progres pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir Tempino (Baleno) Jambi menunjukkan perkembangan yang positif. Pengerjaan jalan tol Bayung Lencir Tempino Jambi sudah mencapai 86 persen. BPJN Jambi menargetkan jalan tol pertama di Jambi ini akan selesai pada Agustus 2024.

Kepala Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN)  Jambi Ibnu Kurniawan kepada wartawan mengatakan, masih banyak yang dikerjakan dilapangan seperti rigid beton, pile slab dan bongkar muat pre loading," ujarnya. Kamis, 27 Juni 2024. Target penyelesaian jalan tol ini mundur karena ada lahan yang belum selesai dibebaskan. 

Setidaknya, terdapat 10 bidang lahan yang berlokasi di Simpang Sebidang masih dalam tahap penyelesaian pembebasan lahan. 

"Kendala kita di pembebasan lahan ada 10 bidang. 4 sudah selesai, 6 masih dalam proses penyelesaian," jelas Ibnu. 

Dia menyampaikan jika pembebasan lahan ini bisa selesai bulan Juli ini, maka bulan Agustus ditargetkan sudah selesai jalan tol Bayung Lencir Tempino Jambi ini. 

Ibnu menambahkan pekerjaan di lapangan masih banyak dilakukan seperti rigid beton, pile slab dan bongkar muat pre loading. 

Diketahui, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino menjadi jalan tol baru dan terakhir dari rangkaian Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) menghubungkan 3 Provinsi yakni Provinsi jambi, Sumatera Selatan dan Lampung.

Pembangunan Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino merupakan upaya besar Pemerintah untuk meningkatkan konektivitas khususnya di Pulau Sumatera sehingga dapat memangkas waktu perjalanan yang semula 4 hingga 5 jam menjadi 1,5 jam saja sehingga dapat menghemat waktu perjalanan hingga 50%.

Berada di Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Jalan Tol Bayung Lencir-Tempino ini menjadi dari rangkaian Tol Betung-Jambi yang memiliki panjang hingga 169 km.

Secara tidak langsung, keberadaan Tol ini termasuk dalam Proyek Strategis Nasional (PSN) bersamaan dengan ruas yang menjadi bagian dari rangkaian JTTS.

Adapun dalam Tol ini memiliki 3 seksi, yang mana pada seksi 1 dan 2 dikerjakan oleh BBPJN Sumatera Selatan, dan seksi 3 oleh BPJN Jambi.

Jalan Tol ini akan dibangun secara bertahap dan dibagi menjadi 4 seksi meliputi Seksi Betung-Tungkal Jaya, Tungkal Jaya-Bayung Lencir, Bayung Lencir-Tempino, dan Tempino-Sp. Ness.

Saat ini tengah dilakukan pembangunan Seksi 3 Jalan Tol Bayung Lencir – Tempino sepanjang 34 Km yang merupakan Jalan Tol pertama di Provinsi Jambi menyambungkan Provinsi Jambi ke Palembang hingga Lampung. (JPO-Red)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar