Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Pimpin Refleksi Sumpah Pemuda

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto Pimpin Refleksi Sumpah Pemuda.

Jambipos, Jambi- Sekelompok dosen muda di Provinsi Jambi menyelenggarakan refleksi yang mendalam dan introspektif, menyongsong tantangan masa depan dengan semangat juang yang tak kunjung padam. Di tengah hiruk pikuk perayaan Hari Sumpah Pemuda Ke 95, Sabtu, 28 Oktober 2023, acara yang digelar secara daring ini, menampilkan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, sebagai narasumber utama.

Acara yang diikuti oleh para dosen muda yang mengajar tidak hanya di Jambi, tetapi juga di luar provinsi ini, bukan sekadar peringatan, tetapi juga sebagai ajang dialog dan refleksi diri. “Dengan Semangat Sumpah Pemuda Kita Bangun Jambi dan Indonesia,” begitu tema yang diusung Edi Purwanto dalam pembicaraannya.

Tak pelak, suasana berubah menjadi begitu khidmat ketika Edi Purwanto mulai memaparkan lima sasaran utama Visi Indonesia Emas 2045, yang mencakup peningkatan pendapatan per kapita, pengentasan kemiskinan, penguatan kepemimpinan dan pengaruh di kancah internasional, peningkatan daya saing sumber daya manusia, serta pengurangan intensitas emisi gas rumah kaca. 

“Semua ini dapat kita capai dengan kondisi sosial politik yang stabil, sumber daya manusia yang unggul dan berdaya saing, serta ekosistem riset, inovasi, dan bisnis yang memadai,” tegasnya.

Namun, tak lupa Edi Purwanto juga menyentil tentang peran vital perguruan tinggi, yang seharusnya tidak hanya menjadi ‘teaching university’, namun juga harus bertransformasi menjadi ‘entrepreneurial university’. Ia menambahkan, “Kita harus menyadari ada tiga ancaman generasi muda ke depan: ideologi transnasional, internet dan informasi tanpa batas, serta hoaks dan gadget.”

Dalam kesempatan yang sama, terjadi pula diskusi interaktif yang membahas berbagai persoalan di Provinsi Jambi, mulai dari isu remaja hingga pendidikan untuk Suku Anak Dalam. Edi Purwanto menekankan pentingnya sinergi antara pemerintah kabupaten dan provinsi, terutama dalam hal pendidikan. “Teman-teman yang tahu kondisi di lapangan, ayo kita berkolaborasi merumuskan solusi untuk masa depan anak-anak Suku Anak Dalam,” serunya.

Menyoal isu remaja, ia menggarisbawahi perlunya pembenahan dalam pola asuh. “Ini bukan hanya tugas sekolah, tetapi juga keluarga. Kita mendorong orang tua untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak kita, agar generasi muda kita terlibat dalam kegiatan positif,” imbuhnya.

Di akhir acara, Edi Purwanto menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Forum Dosen Muda Jambi dan mengajak para dosen muda untuk terus berkontribusi terhadap kemajuan Jambi dan Indonesia. “Kami berharap ada forum-forum untuk saling menguatkan, bukan menjatuhkan. Selamat Hari Sumpah Pemuda,” pungkasnya, meninggalkan pesan kuat akan pentingnya kolaborasi, inovasi, dan tanggung jawab bersama dalam merajut masa depan bangsa.(JP-Red/*) 

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar