Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Jalan Rusak Parah Desa Rejosari Kecamatan Pamenang

Jalan Rusak Parah Desa Rejosari Kecamatan Pamenang. (Foto Jambipos/Firdaus Sianturi)


Jambipos, Merangin-Jalan lintas Desa Rejosari penghubung antara Desa Pematang Kacik dengan Desa Pauh, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin kini kondisinya rusak parah. Bahkan dana desa yang setiap tahun dikucurkan peerintah pusat Rp 1 Miliar tidak sanggub untuk membenahi jalan itu secara bertahap.

Padahal jalan itu merupakan satu-satunya jalan produksi hasil pertanian. Sekarang jalan itu buntu karena kondisinya rusak parah.

Masyarakat mengeluh dan resah. Warga juga sudah melaporkan kondisi jalan itu kepada Kepala Desa Rejosari Yuli Widodo. Kades juga mengharap agar jalan tersebut di kelola desa (aset ) dari tahun 2002 jalan masyarakat yang dihibahkan oleh H.Kasri (Alm).

Lahannya dihibahkan untuk jalan sepanjang sekitar 3 km lebar 6 m. Pada tahun 2010 jalan tersebut desa menyerahkan jadi jalan kabupaten selama ini baru 2 kali dirawat. Hal ini kepala desa dan aparat desa serta masyarakat memintah jalan tersebut agar dikelola desa kembali.

Sangat disayangkan jalan tersebu tidak terurus. Bila jalan tersebut kembali jadi aset desa, dipastikan terawat dan terurus. Selama ini warga merwat dengan secara swadaya mengumpulkan uang dari masyarakat sampai Rp 7 juta untuk keperluan jalan tersebut.

Dana itu untuk beli batu koral dan lain lain. Ada pun perusahaan disana PT Luk itu menompang jalan tegas kepala desa kurang kepedulian PT tersebut perawatan. Senada pantauan Ketua LSM Intra Win Firdaus.H.Sianturi mengatakan agar jalan tersebut kembali ke desa.

Bila jalan tersebut kembali ke desa, dipastikan secara gotong royong dan suadaya masyarakat jalan di tambah lagi anggara desa dimana kepedulian  PT Luk kurang perhatian. Bisa-bisa jalan tersebut untuk lintas PT Luk distop. Sementara keterangan masyarakat RD (36) dimana PT Luk menumpang.

Warga Desa Rejosari meminta status jalan tersebut dikembalikan ke status jalan desa agar bisa diurus dengan baik dengan cara swadaya warga dan menggunakan dana desa. (JP-Firdaus Sianturi)

Surat terbuka warga soal jalan rusak.

Warga swadaya mengumpulkan biaya untuk perbaikan jalan.







Kepala desa dengan Firdaus Sianturi (Jambipos).

Aparat Desa Rejosari bahas jalan Rejosari antar Pematang Kancil dengan Pauh Pamenang.

Ridwan ahli waris yang mengisahkan tanah buat jalan.




Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar