Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


PWI Provinsi Jambi Dukung Peningkatan Status Korem 042/GAPU Jadi Kodam Jambi Sakti

Ketua PWI Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati (kiri) dan Ketua PWI Pusat Atal Sembiring Depari. (Dok Jampos) 


Kota Jambi, Jambipos-
Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi, HR. Ridwan Agus, Depati, sangat mendukung rencana peningkatan status Komando Resort Militer (Korem) 042/Garuda Putih (Gapu) Jambi menjadi Komando Daerah Militer (Kodam).

Surat dukungan Ketua PWI Jambi  tentang tanggapan rencana peningkatan status Korem 042/Gapu menjadi Kodam, bernomor 178/Sek/PWI-Jbi/VIII/2023, tertanggal 8 Agustus 2023 ditujukan kepada Danrem 042 Gapu, ditembuskan kepada Pangdam II/Sriwijaya dan Kasad. 

Surat tersebut sudah dikirimkan balasannya beberapa hari lalu, guna menindaklanjuti surat Danrem nomor: B/418/VII/2023 tanggal 14 Juli 2023, mengenai permintaan tanggapan rencana peningkatan status Korem 042/Gapu menjadi Kodam. 

Selain meminta tanggapan Ketua PWI Jambi tentang rencana peningkatan status tersebut, juga Danrem meminta ke Ketua Lembaga Adat Jambi, serta Pimpinan Perguruan Tinggi, serta steak holder pemerintah lainnya. 

"Permohonan Pak Danrem Gapu mengenai tanggapan peningkatan status menjadi Kodam, sudah kami kaji secara ilmiah dan cermat bersama pengurus lainnya di PWI," papar Ridwan Agus, didampingi Sekretaris, Drs. Arwani, Wakil Ketua Bidang Organisasi, Nalom Siadari, dan staf lainnya, Syukria Darma, Selasa (15/8/2023) di Sekretariat PWI, Jalan Jakarta Ujung, Kota Jambi. 

Menurut Ridwan Agus, beberapa pertimbangan pihaknya sangat mendukung kenaikan status Korem Gapu Jambi menjadi Kodam. Agus, bahkan langsung memberi usulan nama Kodam Sakti Jambi. Jambi memiliki Kodam sangat layak baik dilihat segi letak geografi yang strategis, asset sumber daya alam, potensi kerawanan kebakaran hutan, pembalakan liar kayu di hutan lindung, dan menjadi lintas barang selundupan seperti benih loster, narkoba dan sebagainya. 

Disebutkannua, Wilayah Provinsi Jambi memiliki sumber daya alam dan laut/perairan yang sangat luas serta strategis yang berada di pesisir pantai timur pulau Sumatera yang berdekatan secara langsung dengan selat berhala dan laut cina Selatan, sehingga berdampak langsung dengan  segitiga pertumbuhan ekonomi IMS-GT (Indonesia, Malaysia ,Singapura). 

Kemudian Jambi juga berada pada kawasan maritim Indonesia dimana keberadaan Pelabuhan Ujung Jabung di perairan timur Sumatera sebagai Tol laut untuk masa depan Jambi yang  berpotensi mudahnya ancaman infiltrasi negara-negara asing yang mengganggu keamanan wilayah/daerah tentu secara tidak langsung berdampak kepada keamanan dan stabilitas negara. 

Wilayah Provinsi Jambi, lanjutnya, juga memiliki keberadaan masyarakatnya yang heterogen dengan berbagai macam etnis suku tersebar dalam 4 kawasan taman nasional ( TNKS yang merupakan Paru paru Dunia,Taman Nasional Berbak merupakan Lahan Gambut/Hutan Mangrove,Taman Nasional Bukit Dua Belas dihuni SAD , Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ). 

Disamping itu, jelas Ridwan Agus, Jambi memiliki beberapa perusahaan besar Migas ( PT. Petro Cina, SKK MIGAS) PTPTN 6 KAYU Aro merupakan perkebunan teh yang terluas didunia yang terletak di kaki Gunung Kerinci tertinggi di pulau Sumatera serta perkebunan sawit/CPO besar lainnya dan beberapa perusahaan Batubara serta Pulp and paper milik PT. WKS Sinarmas Group. 

"Semua itu merupakan aset investasi nasional yang menjadi tanggungjawab besar dalam pembangunan nasional untuk dilindungi," ujar  Ridwan Agus. Dpt. Untuk itu, katanya sudah sewajarnya  Korem 042/GAPU Jambi ditingkatkan statusnya menjadi KODAM SAKTI JAMBI. 

Semuanya demi untuk pengawalan terdepan keamanan dan stabilitas wilayah daratan dan lautan  yang cukup luas serta berpotensi ancaman infiltrasi negara asing yang Berdampak secara tidak langsung terhadap keamanan dan stabilitas negara. 

Keberadaan Kodam Sakti Jambi, nanti diharapkan menjaga stabilitas Wilayah Provinsi Jambi yang memiliki sumber daya alam dan laut/perairan yang sangat luas serta strategis yang berada di pesisir pantai timur pulau Sumatera yang berdekatan secara langsung dengan selat berhala dan laut cina Selatan, sehingga berdampak langsung dengan  segitiga pertumbuhan ekonomi IMS-GT (Indonesia, Malaysia ,Singapura) .  

Jambi juga terletak pada kawasan maritim Indonesia dimana keberadaan Pelabuhan UJUNG Jabung di perairan timur Sumatera sebagai Tol laut untuk masa depan jambi yang  berpotensi mudahnya ancaman infiltrasi negara-negara asing yang mengganggu keamanan wilayah/daerah tentu secara tdk langsung berdampak kpd keamanan dan stabilitas negara. 

Kemudian wilayah Provinsi Jambi juga memiliki keberadaan masyarakatnya yang heterogen dengan berbagai macam etnis suku tersebar dalam 4 kawasan taman nasional, yaitu TNKS yang merupakan Paru paru dunia,Taman Nasional Berbak merupakan Lahan Gambut/Hutan Mangrove,Taman Nasional Bukit Dua Belas dihuni suku Anak dalam (SAD),Taman Nasional Bukit Tiga Puluh ). 

"Semua itu merupakan aset investasi nasional yang menjadi tanggungjawab besar dalam pembangunan Nasional untuk dilindungi, "ujar H.R.A. Ridwan Agus. Dpt. Untuk itu, katanya sudah sewajarnya lah Korem 042/GAPU Jambi statusnya jadi Kodam Sakti Jambi. (JP/Arwani)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar