Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Peduli Kearifan Seni Budaya Lokal, Ivan Wirata Hadiri Undangan Pentas Seni Tradisional Tari Kuda Lumping




Ivan Wirata menghadiri salah satu undangan hiburan tradisional rakyat yaitu pentas seni Kuda Lumping, salah satu Komunitas yang ada di Desa Pondok Meja – Muarojambi, Sabtu (3/8/2023). (IST)


Jambipos, Muarojambi-Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi periode 2019-2024 H Ivan Wirata, ST, MM, MT atau yang akrab disapa IW merupakan seorang mantan birokrat yang saat ini menjabat sebagai wakil rakyat yang kerap rajin blusukan ke dapil. 

Ivan Wirata saat ini menduduki kursi sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Provinsi Jambu dan sebagai Unsur Pimpinan pada Komisi III DPRD Provinsi Jambi

Sebelumnya, Ivan Wirata pernah mengemban jabatan sebagai Kepala Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Jambi masa jabatan 2011 – 2014.

Meski pernah menyandang segudang jabatan dan prestasi, tak menjadikan Ivan Wirata menjadi orang yang sombong. Terbukti, Ia sangat dikenal oleh masyarakat sebagai sosok yang ramah dan mau berbaur dengan semua golongan dan usia.

Seperti halnya kali ini Ivan Wirata menghadiri salah satu undangan hiburan tradisional rakyat yaitu pentas seni Kuda Lumping, salah satu Komunitas yang ada di Desa Pondok Meja – Muarojambi.

Kehadirannya disambut antusias serta mendapatkan apresiasi dari panitia acara ketua komitas, pelaku seni, tokoh masyarakat dan warga sekitar.

Alhamdulillah pada kesempatan berbahagia ini, saya bisa hadir untuk memenuhi undangan pada kegiatan hiburan rakyat seni budaya Jawa Tari Kuda Lumping Turonggo Mekar Sakti, di desa Pondok Meja Kabupaten Muarojambi,” ujar Ivan Wirata, Sabtu (3/8/ 2023).

Pokonya, Kereen habis!. Sambungnya, Turonggo Mekar Sakti Luar biasa!. Saya berharap khususnya para pelaku seni budaya untuk terus menjaga dan melestarikan warisan kearifan lokal seni budaya.

Dengan mencintai dan melestarikan kearifan seni dan budaya lokal, ini satu sikap kita bentuk penghormatan dan kecintaan terhadap bangsa yang besar ini,” imbuhnya.

“Selain itu juga, tentunya penghargaan dan penghormatan terhadap leluhur kita. Beragam budaya nusantara yang unik membuat bangsa Indonesia dikenal oleh negara-negara lain.

Indonesia negara besar yang kaya akan budaya dan tradisi dan menjadi wisata budaya bagi turis mancanegara maupun domestik,” tandasnya.

Generasi muda sudah sepatutnya untuk tetap melesatarikan suatu budaya kesenian tradisional sehingga suatu kekayaan ini akan tetap menjadi warisan budaya.
 Pentas seni Kuda Lumping, salah satu Komunitas yang ada di Desa Pondok Meja – Muarojambi, Sabtu (3/8/2023). (IST)

Adapun seni budaya berupa kesenian tradisional seperti seni tari, seni rupa, seni musik, dan masih banyak lainnya, namun yang menjadi suatu warisan budaya. Di tengah era globalisasi inilah, kita wajib menjaga kearifan lokal seni budaya dan tradisi yang turun temurun dari nenek moyang kita,” ungkapnya.

Ditempat yang sama ketua komunitas seni tari kuda lumping Gunawan menyampaikan terima kasih nya atas kehadiran dari salah satu tokoh yang kini banyak mendapatkan respon dan apresiasi dari berbagai kalangan di Muaro Jambi.

“Terima kasih Pak H. Ivan Wirata atas kehadirannya, yang telah mau untuk menyempatkan diri dengan meluangkan waktu di acara malam minggu ini.

Ini suatu kehormatan dan kebahagiaan bagi kami dan warga sekitar, karena acara ini, bisa dihadiri oleh sosok seorang pejabat yang merakyat, sekali lagi terima kasih, pa, Ivan Wirata” kata Ketua Komunitas Seni Tari Kuda Lumping Gunawan.(JP-Red) 


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar