Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Komisi III DPRD Provinsi Jambi Konsultasi dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air

Terkait Pengelolaan Sumber Daya Air dan Peningkatan Jaringan Irigasi
Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi mengadakan konsultasi dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia di Jakarta pada Senin (26/6/2023).

Jambipos, Jakarta-Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jambi mengadakan konsultasi dengan Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Republik Indonesia di Jakarta, Senin (26/6/2023).

Rombongan yang terdiri dari Ketua Komisi III, Wartono Triyan Kusumo, Wakil Ketua Ivan Wirata, Sekretaris Ahmad Fauzi Ansori, serta anggota lainnya seperti Nur Tri Kadarini, Musharudin, Maimaznah, Bustami Yahya, Evi Suherman, Izhar Majid, Harmain, Abun Yani, Juwanda, Raden Fauzi, beserta pendamping Komisi, hadir dalam kegiatan ini.

Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Jambi, Ivan Wirata, menjelaskan bahwa tujuan dari konsultasi ini adalah untuk memperoleh informasi dan memahami pengelolaan sumber daya air serta optimalisasi operasi pemeliharaan dan peningkatan jaringan irigasi.

“Selain itu, kami dari Komisi III juga ingin mengetahui bagaimana pengelolaan irigasi dapat dilakukan secara menyeluruh sebagai satu kesatuan sistem, mulai dari bangunan utama jaringan primer hingga jaringan sekunder dan peta tersier,” ungkap Ivan Wirata pada Selasa (27/6/2023).

Lebih lanjut, Ivan Wirata menyatakan bahwa diperlukan pengelolaan yang terpadu dalam satu sistem irigasi yang didasarkan pada manajemen tunggal dengan memanfaatkan teknologi informasi geospasial. Hal ini mengharuskan peningkatan kapasitas dan kemampuan teknis petugas operasional irigasi dalam pelaksanaan pengelolaan aset irigasi (PAI) dan penilaian indeks kinerja sistem irigasi (IKSI) melalui pelatihan penggunaan aplikasi elektronik pengelolaan aset dan kerja sistem irigasi e-PAKSI.

“Dalam konteks ini, kami ingin mengetahui apa saja yang perlu disiapkan oleh pemerintah Provinsi Jambi dalam mengelola sistem irigasi tersebut,” tambahnya.

Konsultasi ini diharapkan dapat memberikan masukan penting bagi Pemerintah Provinsi Jambi dalam upaya meningkatkan pengelolaan sumber daya air dan jaringan irigasi guna mencapai efisiensi dan keberlanjutan yang optimal.(JP/*)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar